Hai, kita dipertemukan kembali di tulisan saya ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang diskriminasi dan penyebab diskrim...

Diskriminasi dan krisis toleransi

 



Hai, kita dipertemukan kembali di tulisan saya ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang diskriminasi dan penyebab diskriminasi bisa terjadi. Sebelum lebih dalam, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu diskriminasi.


Definisi diskriminasi menurut penulis adalah tindakan yang berusaha untuk merendahkan / mengucilkan seseorang / kelompok tertentu. Kita tidak sulit untuk menemui kasus-kasus diskriminasi ini. Sebagai contohnya, pelajar yang dibuli dan disakiti oleh teman-teman sekelasnya hanya karena ia berbeda atau memiliki penyakit tertentu, atau alasan tidak masuk akal lainnya. Contoh lainnya adalah penegakan hukum yang masih memandang bulu (tumpul keatas runcing kebawah).


Diskriminasi dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut:

- Mekanisme pertahanan psikologi (projection). Seseorang yang merasa keberadaannya terancam dan berusaha untuk merendahkan atau mendominasi seseorang.

- Kekecewaan. Sebagian orang yang memiliki kekecewaan akan melampiaskannya kepada orang lain (kambing hitam). 

- Sejarah. Hal ini timbul dikarenakan adanya sejarah pada masa lalu. 

- Persaingan dan eksploitasi. Masyarakat kini adalah lebih materialistik dan hidup dalam persaingan. Individu atau kumpulan bersaing diantara mereka untuk mendapatkan kekayaan, kemewahan dan kekuasaan. 


Sekian saja untuk tulisan saya kali ini, semoga kita dapat bertemu lagi ditulisan saya yang berikutnya dalam kondisi sehat dan berkecukupan. Aamiin.

0 comments: