Hai, kita dipertemukan lagi ditulisan saya kali ini. Ditulisan kali ini saya akan membawa sedikit masalah sosial yang terjadi di tahun ...

Masalah sosial di Indonesia yang sedang terjadi saat ini (Tahun 2020).

    
Hai, kita dipertemukan lagi ditulisan saya kali ini. Ditulisan kali ini saya akan membawa sedikit masalah sosial yang terjadi di tahun 2020 ini. Jika anda membaca ini dimasa depan dan tidak tau apa yang terjadi pada tahun 2020, saat ini seluruh dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 namun yang akan saya bahas kali ini bukan tentang pandemi, namun dampak dari pandemi Covid-19 yaitu kemiskinan.


        Kemiskinan, keadaan saat ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, pendidikan, kesehatan dan berbagai kebutuhan lainnya. Pada awal Maret 2020 terjadi peningkatan angka kemiskinan di Indonesia sebesar 1,63 juta orang dibandingkan dengan bulan September tahun 2019. Jumlah kemiskinan Indonesia saat ini menyentuh 26,42 juta orang. Dampak kemiskinan yang disebabkan oleh pandemi ini dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, hanya saja masyarakat lapisan bawahlah yang paling menerima dampaknya. 

    Belum lagi angka pengangguran yang meningkat dikarenakan adanya PHK massal untuk mengurangi pengeluaran perusahan-perusahaan dan mencegah perusahaan untuk bangkrut. Hal ini ditunjukkan dengan bertambahanya angka pengangguran sebesar 6,88 juta orang pada Februari 2020.

Namun, setelah gelap terbitlah terang. Dibalik rintangan, niscaya ada jalan. Masyarakat Indonesia tidak menyerah pada keadaan dan memulai untuk mencari solusi, yaitu dengan membuka usaha mikro. Solusi ini saya rasa cukup ampuh dikarenakan para UMKM ini menyediakan barang atau jasa yang tetap dibutuhkan walaupun dimasa pandemi seperti ini. Contohnya, membuka usaha warung makan dengan bantuan modal kartu pra-kerja yang dapat diberikan pemerintah.
*walaupun menurut saya pembagian kartu pra-kerja tidak sesuai target, hehe. Ampun pak saya cuma nulis saja. hehe

Saya rasa sekian dulu untuk tulisan saya kali ini. Semoga kita dipertemukan kembali ditulisan saya yang selanjutnya dalam kondisi sehat dan berkecukupan. Aamiiin.

0 comments: