Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Ilmu Sosial Dasar (ISD). Dimulai dari pengertian Ilmu Sosial Dasar, tujuan ISD dan hubu...

Ilmu Sosial Dasar (ISD)


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Ilmu Sosial Dasar (ISD). Dimulai dari pengertian Ilmu Sosial Dasar, tujuan ISD dan hubungan ISD dengan IPS.

- Pengertian Ilmu Sosial Dasar (ISD)

Secara singkat, Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu yang menelaah berbagai masalah sosial yang ada dalam masyarakat, dengan menggunakan konsep, teori dan fakta dari berbagai bidang lain yang ada didalam lingkup ilmu-ilmu sosial.


- Tujuan Ilmu Sosial Dasar (ISD)

Ilmu Sosial Dasar memiliki tujuan, sebagai berikut:
  1. - Memahami dan menyadari adanya masalah sosial di masyarakat.
  2. - Peka terhadap masalah sosial dan berusaha mencari solusinya.
  3. - Memahami jalan pikiran ahli-ahli di bidang lainnya agar bisa berkomunikasi dalam rangka            penyelesaian masalah di masyarakat.

Ilmu Sosial Dasar membantu mengembangkan wawasan, penalaran dan kepribadian mahasiswa, agar memperoleh wawasan yang lebih luas. Kepribadian yang diharapkan dari mahasiswa berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia terhadap manusia lainnya yang bersangkutan secara timbal balik.


- Hubungan Ilmu Sosial Dasar (ISD) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial, memiliki beberapa persamaan dan sebagai berikut:

Adapun persamaan antara keduanya, sebagai berikut: 
  1. - Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial       diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. 
  2. -Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial   merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
  3. -Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu   Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual. 


Adapun perbedaan antara keduanya, sebagai berikut:
  1. - Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di    Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. - Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial     merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
  3. - Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu   Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

Hanya itu yang dapat saya bagikan.
Terima Kasih!

0 comments: